Senin, 18 April 2016

Algoritma Genetika untuk Permasalahan Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) + Free Source Code

Hai, Lama gak pernah ngepost lagi nih. Setelah sekian lama berfikir diwaktu yang padat ini enaknya ngepost apaan ya and aku mulai ingat bagaimana kalau aku mulai posting tugas-tugas waktu jaman S1 dulu. dari pada ilmu aku mendem duank di harddisk mending di publish yak, berharap sih ini salah satu amalan ilmu aku, eciyeh.

Oh iya, perlu diinget, kalau yang aku posting disini sifanya hanya buat pendidikan ya. and barang siapa yang manfaatin buat komersial and tanpa izin dari aku, maka dosa dunia and akherat siap-siap anda tanggung... hwahahahaha

so, kali ini soal apa?
Oke, langsung aja. hari ini aku mau sharing sedikit tentang algoritma genetika with addition plus plus source code aku yang bisa dibilang masih cupu banget. hehehehe. Ini tentang mata kuliah Algoritma Evolusi jaman 2014 lalu oleh salah satu dosen favorit aku bapak Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T, Ph.D. di kampus kebanggaan aku Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer. Beliau pertama kali ngenalin aku ama algoritma evolusi yang menurut aku itu keren banget. of course i am interested about this. how to implement that to resolve the optimize cases.

Nah, tibalah pada saat yang berbahagia ketika beliau memberikan tugas proyek akhir mata kuliah algoritma evolusi. Kelompok aku mengambil salah satu sample paper untuk di implementasikan yaitu analisi rute pendistribusian dengan menggunakan metode genetic algorithm untuk permasalahan the vehicle routing problem with time windows (VRPTW) (Studi kasus koran harian pagi tribun Jabar). Check this out for further reading. you can search in google. sory i forgot the link. hehehehe. buat yang punya paper, kalo keberatan, bisa email aku langsung yak. o iya, ini paper nya :
Agus Purnomo.2010. Analisis Rute Pendistribusian dengan Menggunakan Metode Nearest Insertion Heuristic Persoalan Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW) (Studi Kasus di Koran Harian Pagi Tribun Jabar). Jurusan Teknik Industri.Fakultas Teknik Universitas Pasundan.

Apa sih itu VRPTW????
Menurut aku sih, VRPTW itu suatu permasalahan optimasi dimana suatu kendaraan dengan kapasitas angkut X akan melayani permintaan pelanggan sebanyak y, dimana kendaraan tersebut harus mengantarkan permintaan barang pelanggan yang sebanyak y itu sesuai waktu yang ditentukan. Jadi setiap pelanggan memiliki time windows nya masing-masing. Time windows apaan ya? jadi semacam waktu yang disediain oleh pelanggan dimana pelanggan dapat menerima barang yang dikirim oleh kendaraan hanya pada waktu tersebut. So tujuannya apa? Tujuannya sendiri sih bagaimana kita bisa mencapai jarak terdekat dengan syarat kita memenuhi semua kendala tadi. yaitu kendala jumlah barang tidak melebihi daya angkut kendaraan and pastinya memenuhi time windows. Ini sedikit pengenalan tentang VRPTW. Semoga dapat sedikit gambaran ya. untuk detail nya, teman-teman bisa download di link dibawah ini untuk detail dari description, model perhitungan dan implementasi.

Aku share ini cuman buat kebutuhan belajar and sedikit gambaran. bukan buat dijiplak ataupun di plagiatin. semoga bermanfaat. Fighting buat penuntut ilmu.

download simple vrptw program dan dokumentasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar