Senin, 01 Juni 2015

Pengenalan Jaringan Komputer

Hai, Guys...
lagi pengen belajar seputar jaringan nih. mulai dari basic banget lah. walaupun udah lulus, ga da salahnya kan mengulang materi basic buat lebih memahami kalo udah naik level? hihihihihi.

Oke... ringkas aja, barusan aku abis baca buku jaringan komputer untuk orang awam edisi ke-2 karya Irawan dengan  penerbit Maxikom. Well, dari sepemahaman aku sih, jaringan komputer itu yaitu bagaimana dua komputer atau lebih ingin melakukan sharing data melalui perangkat lunak atau perangkat keras. eitz tambahan lagi nih, pake protokol yang sama ya. hihihi.

Nah, protokol apaan sih? protokol itu sendiri adalah aturan yang mengatur komunikasi data pada saat kita sharing atau berinternet ria. yang paling banyak digunakan sih prtotocol TCP/IP (Tansmission Control Protocol / Internet Protocol). Beda ama OSI (Open System Interconnection) ya, TCP/IP cuman terdiri dari 4 layer bro. 

Sumber : https://hidayatriyan798.wordpress.com/2013/06/03/osi-model-dan-tcpip-model-layer/

  1. Network acces layer sendiri bertanggung jawab meletakkan frame-frame jaringan diatas media jaringan yang digunakan cuy.
  2. Lapisan internetnya sendiri nanti akan melakukan pemetaan atau routing dan enkapsulasi atau paket data nya ntr dibungkus tuh biar jadi paket-paket IP (internet protocol).
  3. Transport layer sendiri nanti akan memastikan bahwa pesan yang disampaikan akan bebas kesalahan.
  4. Tara.... yang terakhir, aplication layer akan menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan. contoh nya http yang paling sering kita pake, trus FTP, DNS, dll....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar