Rabu, 19 Agustus 2015

Rangkuman Belajar Pemrograman dengan C# part 1

Hai,,,  Nice to meet you guys...
Untuk session kali ini aku mau sharing about C# Programming...
Yeyeyeyeyeyeyeyeyeyeyeyeye.
Sekalian aku mau belajar sih... hihihihihihi
 
Actually, disini aku hanya sebatas pengenalan singkat, no detail but with actual implementation. siiiaaaaahhhh...
Refrensi si bisa check web ini yo :
http://www.risallaw.net/2015/03/20/mari-belajar-pemrograman-berorientasi-objek-menggunakan-visual-c-6-0/
bisa check di situ buat detailnya.
e-book ini judulnya ini neh :

Mari Belajar Pemrograman Berorientasi Objek menggunakan Visual C# 6.0
Published by Risal at Smashwords
Copyright 2015 Risal
ISBN 9781310328343
 
Oke, langsung aja. menurut aku, salah satu kelebihan dari pemrograman c# ini adalah kemampuannya dalam pengelompokan data dan metode atau fungsi terkait dengan definisinya.

Apa itu PBO (Pemrograman Berorientasi Objek)analoginya yaitu membagi pekerjaan menjadi sekumpulan objek yang nantinya bekerja atau berinteraksi antara objek yang satu dan objek lainnya

Apa itu kelas?
metode, template dari sebuah objek

  • Abstraction : menyajikan fitur yang penting dan menyembunyikan detail yang tidak berkaitan
  • Enkapsulasi : menempatkan atribut, method dan lainnya dalam satu wadah. fungsinya untuk melindungi data sehingga kelas tersebut dapat digunakan tanpa harus mengetahui cara kerja kelas tersebut
  • Inheritence : pewarisan. contohnya, proses pembuatan kelas baru dari kelas yang sudah ada sebelumnya. dari kelas ini, kita bisa menambahkan atribut atau variable yang ingin kita tambahkan. catatan. bisa pake cata komposisi lo. cara ini lebih disarankan. bagaimana caranya? cari tau sendiri dung. hahahaha
  • Polymorphisme : pembuatan satu antar muka untuk berbagai tipe.... contohnya????? ko bisa????
    ex : 1 method punya lebih dari satu variase atau bisa juga dibilang method overloading. methode generic dimana suatu kelasi dibuat tanpa harus merujuk ke kelas manapun


Image 1 : Object and Class Ilustration

Apa itu Property?
Method yang berfungsi mengembalikan atau menyimpan nilai dari suatu field. property terdiri dari 2 yaitu : 
  • Aksesor yang berfungsi mengembalikan nilai dari suatu field.
  • mutator yang mengubah atau menyimpan nilai dari suatu field.
UML. Apa itu UML (Unified Modeling Language) 
UML adalah standar visualisasi perangkat lunak. UML ada 2 macam nih
  1. Struktural -> gambaran dari struktur suatu sistem 
  2. Behavioral  -> gambaran dari interaksi yang ada didalam sistem
  Contoh UML sendiri ada :
  1. Use case : menggambarkan interaksi aktor ke sistem
  2. Activity Diagaram : menggambarkan alur kerja komputasi pada sistem
  3. Class diagram : menggambarkan struktur dari kelas itu sendiri dan interaksinya
Apa itu Namespace?
Mengelompokkan kelas dalam grup
contoh implementas class di c# adalah class console

Tidak ada komentar:

Posting Komentar